}

Jumat, 19 September 2014

Gunung Agung



Puncak tertinggi di Pulau Bali, saya merekomendasikan melalui jalur Besakih. Titik awalnya adalah Pura Besakih yang terkenal, sekarang sudah ada jalan beraspal sampai di Pura Pengubengan (sekitar 1.100 mdpl), yang merupakan pura tertinggi di kawasan Besakih.
Sempatkanlah bermalam di Kori Agung, batas vegetasi. Dengan tebing menjulang dan pemandangan matahari terbenam yang menawan. Waktu yang paling baik adalah di bulan Agustus, ketika angin tidak begitu kencang dan kumpulan awan cummulus bergumpal seperti kapas di kaki kita.

Jalur Pendakian
Desa Junggul 1.200 mdpl (jalur sampai puncak dan tersedia pemandu di desa ini), Desa Pucang 950 mdpl (jalur sisi barat laut, mengikuti punggungan sampai Puncak Satu, tidak direkomendasikan karena jarang dilalui), Pura Pasar Agung 1.500 mdpl (jalur turis, jalur utama menuju menuju kawah selatan Agung, baru-baru ini mulai diperkenalkan jalur yang bisa tembus ke Puncak Tiga Agung, namun terjal dan berpasir), Jalur Kedampal 750 mdpl dekat Amed (tidak ada data, dilihat dari konturnya hanya sampai Puncak Timur Gunung Agung – 2.880 mdpl).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar