}

Jumat, 19 September 2014

Gunung Batukaru



Hutan terakhir di Pulau Bali, beberapa orang mempunyai pengharapan besar atas gunung ini. Merupakan titik tertinggi kawasan kaldera purba Beratan, dengan 7 dari puncak Pulau Bali ada di kompleks kaldera ini. Menjadi kawasan penadah hujan dan hulu sebagian besar sungai di Bali Tengah. Sebagian besar kawasannya masuk kawasan konservasi Cagar Alam Batukaru.
Di kakinya terdapat kompleks Pura Batukaru diberi nama yang sama seperti sang gunung, tempat pemujaan dewa pemelihara tumbuhan. Di puncaknya terdapat Pura Pucak Kedaton, pura tertinggi di Pulau Bali sekaligus penjaga kesakralan seiisi pulau.
Sisa kawah Batukaru yang sudah tidak aktif menghadap tenggara, menghadap Pura Batukaru. Bila dilihat dari jauh mirip cekungan besar, mirip batok kelapa terbalik. Itulah mengapa sang gunung disebut Batukaru, kata “karu” dari lafal “kau” yang berarti batok kelapa dalam bahasa Bali.

Jalur Pendakian :Ada tiga jalur utama, pertama Desa Jatiluwih (840 mdpl), Pura Batukaru (835 mdpl) dan sisi barat laut Desa Pujungan (1.090 mdpl).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar